Kokam Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Adiwerna .KOKAM Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal adakan pelatiahn Pemulasan Jenazah Covid 19 pada pelatihan ini dimaksudkan agar para Kokam Kabupaten Tegal  yang terlibat dalam tim MCCC 19 Kabupaten Tegal  bisa memahami dan mempraktikkan cara-cara pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19, sesuai protokol kesehatan.

Abdul Gofar Ismail selaku ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah kabupaten Tegal mengatakan , “

Kami berharap rekan-rekan peserta pelatihan pemulasaran sekaligus pelatihan pemakaman jenazah covid 19 ini nantinya peserta mendapatkan pengetahuan kemudian pengalaman teknis di lapangan cara pemakaman jenazah covid 19. Tempat pelatihan di RSI PKU Muhammadiyah Tegal dipandu oleh tim MCCC Kabupaten Tegal dan para tenaga ahli kesehatan yang menangani perawatan jenazah covid 19. Dikuti oleh puluhan Anggota Kokam Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab Tegal

Pelatihan diberikan mengikuti protokol yang sudah ditetapkan oleh MCCC 19 PP Muhammadiyah , sehingga para personel terbiasa dan tidak gagap apabila melaksanakan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19,” jelasnya

Pada pelatihan tersebut, peserta diajarkan cara mengenakan alat pelindung diri (APD) yang benar, tata cara memandikan jenazah, mendisinfeksi, pembungkusan menggunakan kain kafan dan plastik berlapis, cara memasukkan jenazah ke dalam peti, memasukkan ke mobil ambulans, cara menggotong jenazah.

Mereka juga dibekali tata cara pemakaman korban Covid-19 yang tidak diperbolehkan disemayamkan di rumah duka dan harus segera dimakamkan dalam waktu maksimal empat jam, serta cara melepaskan APD dengan aman.

Diharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini persoalan terkait pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 maupun terduga Covid-19 dapat ditangani dengan baik, sehingga tidak menimbulkan ketakutan maupun kecemasan dari masyarakat. Ungkapnya,(Hendra)

Likes:
1 0
Views:
46
Article Categories:
Tim COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *